Beranda/Post/Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE, Tetty Optimis Minsel Akan Lebih Baik

Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE, Tetty Optimis Minsel Akan Lebih Baik

28 Maret 2019 - 106 Kali Dilihat
Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE, Tetty Optimis Minsel Akan Lebih Baik

 

Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE, Tetty Optimis Minsel Akan Lebih Baik

JAKARTA-minselkab.go.id- Keseriusan Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE untuk menata pemeritahan Kabupaten Minahasa Selatan yang berbasis e-government, dibuktikan dengan kehadirannya pada kegiatan yang di Prakarsai oleh Kementerian PAN-RB melalui acara Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2018 bagi sejumlah Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota pada Kamis 28/3 di Hotel Bidakara Jakarta. Penyerahan hasil eveluasi tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengatakan bahwa betapa pentingnya perkembangan Teknologi dan Informasi dalam sistem pemerintahan. Berkembangnya Teknologi dan Informasi, menurut Wakil Presiden, akan mempermudah lembaga pemerintah juga Gubernur dan Bupati/Walikota dalam menjalankan pemerintahan dengan cepat. Karena kecepatan menjadi kunci dalam menjalankan sistem pemerintahan. Selain itu harus disadari bahwa perilaku masyarakat yang sudah berubah akibat perkembangan Teknologi dan Informasi, maka pelayanan pemerintah juga sudah harus berubah.

“Dulu kalau minta sesuatu, misalkan izin, atau di bank contohnya, orang menyetor (uang) harus antri pakai nomor-nomor. Sekarang di kantong kita sudah bisa digunakan tanpa harus antri. Dari rumah juga bisa ambil uang, dari rumah bisa kirim uang. Dengan sistem ini, dari rumah bisa minta izin tidak bisa ketemu," kata JK  mengurai berbagai kemudahan akibat perkembangan IT.

Selain itu, lanjut Jusuf Kalla,  perkembangan zaman saat ini menuntut sistem pemerintahan untuk ikut menyesuaikan kemajuan Teknologi dan Informasi. Oleh karena itu, Ia berharap sistem di Kementerian atau Lembaga maupun Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota juga mengikuti kemajuan Teknologi  untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. "Maka sistem yang banyak apakah e-budgeting atau e-control, e-audit atau yang macam-macam kita gunakan harus berubah," terang Jusuf Kalla.

Usai Wakil Presiden RI memberikan sambutan. MenPAN RB Syafruddin juga mengatakan hasil evaluasi SPBE atau e-goverment akan digunakan dalam penyusunan kebijakan dan penentuan arah strategis pembangunan SPBE yang efektif, efisien, terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Namun, hasil evaluasi menunjukan 616 Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah di Indonesia, sebanyak 82 instansi pemerintah atau 13,31 persen berpredikat baik, sangat baik, dan memuaskan. Sedangkan 534 instansi pemerintah atau 86,69 persen berpredikat berpredikat cukup dan ada juga yang kurang.

Disela-sela acara tersebut, Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu SE mengatakan, penerapan e-government sangat baik untuk menjawab perkembangan Teknologi dan Informasi di Minsel. Untuk itu lanjut Paruntu, Pemkab Minsel akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik. Walaupun, amanat aturan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE,  baru saja terbit tahun kemarin. Tapi kabupaten Minsel  sudah siap untuk dievaluasi sesuai dengan petujuk teknisnya sebagaimana diatur dalam Peraturan MenPAN-RB  Nomor 5 Tahun 2018.

“Kalau daerah lain takut dievaluasi. Minsel lain…. Minsel selalu siap dievaluasi, Walaupun regulasi atau aturannya baru turun Tahun 2018 kemarin. Bagi saya SPBE ini sangat baik untuk mengukur derajat kematangan Informasi, Interaksi, Transaksi, Kolaborasi serta Optimalisasi  untuk tata kelola, layanan kelembagaan, strategi perencanaan, administrasi, layanan public serta Informasi dan Komunikasi  pemerintahan kabupaten Minahasa Selatan. Jadi kami selalu siap mengikuti aturan yang ada,” tegas Paruntu.

Makanya lanjut  Tetty sapaan akrab Bupati Minsel yang saat itu didampingi oleh Kadis Koiminfo Minsel Royke Mandey, SH, Kabag Humas Protokol Altin Sualang, SSTP, MPA,  Kabid Kominfo Alvi J. Ulaan, ST dan Kasubid APTIKA Gevoanny Lontoh, ST, kami berupaya agar Minsel setiap tahun harus dievaluasi sehingga kita bisa melihat perkembangannya melalui rekomendasi-rekomendasi untuk  ditidaklanjuti. “Saya yakin ketika Minsel dievaluasi, maka  tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemarin. Dan tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini, ucap Tetty yang juga ketua DPD Golkar Provinsi Sulawesi Utara dengan nada optimis. (alvi_kominfo)



Post Terkait


CAP TIKUS 1978

CAP TIKUS 1978...

07 Januari 2019 0 ...


Kabupaten Minahasa Selatan

Our adress

Jl. Trans Sulawesi Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur

Our Fax and phone

Telp : (-) Fax : (-)

Tautan