Beranda/Post/Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

17 April 2017 - 62 Kali Dilihat
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

1.       Visi

Visi merupakan pandangan jauh ke depan ke mana arah dan tujuan dicapai.  Visi Pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan periode 2016 – 2021 yang tertuang dalam Rencana  Pembangunan  Jangka  Menengah  Daerah (RPJMD) 2016 – 2021 adalah :

“TERWUJUDNYA KABUPATEN MINAHASA SELATAN YANG BERDAYA SAING,

BERIMAN, MANDIRI, BERBUDAYA, HEBAT DAN TERDEPAN

MELALUI PERCEPATAN DAN KETEPATAN PEMBANGUNAN”

 

Untuk memudahkan mengingat Visi ini, maka dapat diakronimkan dengan kalimat utamanya yaitu Minahasa Selatan yang Berdaya Saing, Mandiri, Berbudaya, Hebat dan Terdepan, serta melalui Percepatan dan Ketepatan Pembangunan sebagai “MINSEL BERDIKARI CEPAT”.

Secara terperinci penjelasan Visi berdasarkan kata - kata kunci tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Berdaya Saing

Minahasa Selatan yang berdaya saing ditunjukkan dengan kemampuan pemerintah dan masyarakat untuk  meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas, cerdas dan sehat serta mampu memiliki daya saing. Selain itu, berdaya saing dalam konteks ini juga ditunjukkan denga kemampuan menjamin pembangunan  pertanian, peternakan, perkebunan,  perikanan dan kelautan serta pariwisata sebagai sumber ketahanan ekonomi wilayah, serta kemampuan untuk membangun sarana, prasarana, infrastruktur yang merata dan berkeadilan dalam koridor  ketahanan  lingkungan  hidup  menuju  pembangunan  berkelanjutan. berdaya saing juga diartikan sebagai kemampuan Kabupaten Minahasa Selatan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif serta kemampuan memperkuat perekonomian domestik berbasis keunggulan wilayah.

  1. Mandiri

Minahasa Selatan yang mandiri ditunjukkan dengan kemampuan untuk  meningkatkan   kapasitas   penerimaan   dan   pembiayaan pembangunan dan mengoptimalkan belanja daerah  bersumber dari sumber daya lokal sehingga  mengurangi ketergantungan sumber daya dari daerah lain. Mandiri dalam hal   ini  juga  berarti  kemampuan    Kabupaten  Minahasa  Selatan  dalam  memenuhi  kebutuhan    dasar  baik  pangan,  sandang  maupun  papan  sebagai  bentuk  kemandirian wilayah. 

  1. Berbudaya

Minahasa Selatan yang berbudaya ditunjukkan dengan kemampuan  menanggulangi  kemiskinan,    pengangguran  serta    penanganan  penyandang  masalah kesejahteraan sosial. Selain itu, berbudaya juga ditunjukkan dengan  kemampuan  memastikan keamanan, ketentraman, ketertiban  dan kenyamanan hidup masyarakat dalam suasana kerukunan berdasarkan falsafah Pancasila, serta kemampuan Aparatur  Sipil Negara  menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional melalui tata kelola pemerintahan yang baik  sebagai wujud kedaulatan dalam pemerintahan.

  1. Hebat dan Terdepan

Minahasa  Selatan  yang  hebat  dan  terdepan  ditunjukkan  dengan kemampuan pemerintah dan masyarakat Minahasa Selatan dalam melakukan inovasi pembangunan, yang terwujud dalam pencapaian prestasi dalam berbagai bidang pembangunan. Hebat artinya memiliki prestasi yang dapat dibanggakan, baik dari aspek pencapaian kinerja pembangunan, kreatifitas pembangunan serta inovasi yang berkelanjutan. Terdepan merujuk pada kemampuan Kabupaten Minahasa Selatan menjadi untuk menjadi yang terbaik dibandingkan kabupaten lainnya di Provinsi Sulawesi Utara dalam hal pencapaian pembangunan, sebagai wujud gerbang Sulawesi Utara di pulau Sulawesi.

  1. Percepatan dan Ketepatan Pembangunan

Percepatan   dan   ketepatan   pembangunan   kabupaten   Minahasa Selatan ditunjukkan dengan kemampuan pemerintah dan masyarakat mencapai target pembangunan lebih cepat baik dari target waktu yang disediakan, target input sumberdaya dengan proporsional dan tepat berdasarkan asumsi-asumsi teknokrat yang dapat dipertanggungjawabkan.

2.      Misi

Misi   adalah   rumusan   umum   mengenai   upaya - upaya   yang   akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Rumusan misi yang baik membantu lebih jelas penggambaran visi yang ingin dicapai dan menguraikan upaya - upaya apa yang  harus  dilakukan.  Dalam  suatu  dokumen  perencanaan,  rumusan  misi menjadi penting untuk memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang akan ditempuh untuk mencapai visi.

Rumusan    misi    dalam    dokumen    RPJMD    dikembangkan dengan memperhatikan factor - faktor lingkungan strategis, baik eksternal dan internal yang mempengaruhi serta kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada dalam  pembangunan  daerah.  Misi  diarahkan  untuk  memperjelas  jalan  atau langkah yang akan dilakukan dalam rangka mencapai perwujudan visi.

Misi Pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan:

  1. Mengembangkan kehidupan masyarakat yang beriman dan berbudaya
  2. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing
  3. Memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan berbudaya
  4. Mengembangkan   perekonomian   yang   tangguh,   berkualitas   tinggi, merata dan kondusif berbasis pedesaan
  5. Mewujudkan   pembangunan   yang   berkelanjutan   dalam   mendukung pengembangan pariwisata
  6. Mewujudkan   kabupaten   yang   bersemangat   dalam   pembangunan,  terdepan di berbagai bidang
  7. Mewujudkan  kabupaten  Minahasa  Selatan  sebagai  gerbang  Sulawesi  Utara di pulau Sulawesi  

Tujuh  misi  pembangunan  ini  sesungguhnya  merupakan  refleksi  dari  visi  pembangunan, dimana setiap misi menunjukkan dengan jelas upaya-upaya  yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan  dalam  rangka  mewujudkan  visi  daerah.  Ketujuh  misi  ini  disusun  dan  ditetapkan   oleh   Kepala   Daerah dengan   memperhatikan   factor - faktor lingkungan strategis eksternal dan internal daerah yang secara rinci dapat dijelaskan dalam table dberikut ini.

 

3.     Tujuan dan Sasaran

Dalam Undang - Undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 258 disebutkan bahwa pembangunan daerah dilaksanakan dengan tujuan  untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah, sebagai perwujudan dari pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang telah diserahkan ke Daerah menjadi bagian integral dari pembangunan nasional.

Pembangunan  daerah  dilaksanakan  dengan  pelibatan  secara  langsung  warga masyarakat dan pelaku bisnis bersama - sama dengan pemerintah dalam  perencanaan   dan   proses   pembangunan   daerah,   serta   mengelola   dan  memanfaatkan sumber daya berkelanjutan menuju peningkatan dan   pemerataan  pendapatan  masyarakat,  kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah.



Post Terkait


Tetty Gelar Buka Puasa Bersama di Rudis Bupati Minsel

Tetty Gelar Buka Puasa Bersama...

20 Juni 2017 0   minselkab.go.id- Semangat kebersamaan yang terus dibina,...



Raih Opini WTP Pertama di Usia 14 Tahun, Tetty & Wongkar Gelar Ibadah Syukur

Raih Opini WTP Pertama di Usia...

20 Juni 2017 0   minselkab.go.id- Kerja keras Bupati Minsel Christiany Eugenia...


Kabupaten Minahasa Selatan

Our adress

Jl. Trans Sulawesi Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur

Our Fax and phone

Telp : (-) Fax : (-)

Tautan