Beranda/Post/Wujudkan Kemandiran Petani, Tetty Hadirkan Klinik Pertanian di Minsel

Wujudkan Kemandiran Petani, Tetty Hadirkan Klinik Pertanian di Minsel

03 Januari 2019 - 141 Kali Dilihat
Wujudkan Kemandiran Petani, Tetty Hadirkan Klinik Pertanian di Minsel

 

 

AMURANG-Bukan hanya Rumah Sakit atau Lembaga Kesehatan yang memiliki klinik. Tetapi di kabupaten Minahasa Selatan akan hadir Klinik Pertanian untuk melakukan pengamatan terhadap kasus tanah, untuk mengdiagnosa penyakit yang diderita oleh tanaman atau pertanian. Ini merupakan gebrakan yang luar biasa oleh Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE di awal Tahun 2019, untuk mewujudkan kemandirian Petani yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan, maka setiap Desa/Kelurahan akan memiliki  Klinik Pertanian. Demikian dikatakan Tetty sapaan akrab Bupati Minsel saat membuka sosialisasi Klinik Pertanian di hadapan para Lurah/Hukum Tua serta Camat se-Kabupaten Minahasa Selatan di Gedung Lantai IV Kantor Bupati Minsel Kamis (03/1).

Dikatakannya, kehadiran Klinik Pertanian ini akan sangat membantu para petani di Minsel, untuk mengdiagnosa atau mengidentifikasi kualitas tanah, apakah tanah itu memiliki kadar asam yang tinggi atau rendah, atau apakah tanah memiliki kadar basahnya tinggi atau rendah, semua dapat diketahui dengan mudah. Bahkan bukan hanya itu, Klinik Pertanian juga bisa mengidentifikasi kualitas tanah dengan cara mengambil sampel tanah dan dimasukan kegelas kimia dan diiukur dengan alat ukur yang ada,  sehingga bisa diketahui apakah tanah itu mengandung Nitrogen, Fosfat, Kalium, Sulfur dan lain-lain. Nah, jika tanah kita mengandung unsur N atau P atau K sudah ketahui, maka jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanami pada tanah itu.  Semuanya bisa di lihat sesuai dengan aplikasi yang yang ada.

“Saya ingin agar Klinik Pertanian hadir di Minsel  sebagai wadah yang pertama di Sulawesi Utara dapat memberi solusi bagi para petani dalam menanam serta meningkatkan produksi pertaniannya. Ini merupakan bagian dari mewujudkan kemandirian petani di Minsel. Lebih jelasnnya akan disampaikan oleh tenaga ahli dalam kegiatan ini,” tegas Paruntu disambut gembira oleh Hukum Tua dan Lurah se-Minsel sambil memohon pamit untuk bertolak ke Modoinding untuk menghadiri Ibadah KKR. Hadir dalam acara ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan KESRA Drs Handri Sondak, Kadis Pertanian Minsel Franky Pasla, SE, MSi, Kadis PMD Minsel Drs. Evert Poluakan. (alvi_kominfo)



Post Terkait


CAP TIKUS 1978

CAP TIKUS 1978...

07 Januari 2019 0 ...


Kabupaten Minahasa Selatan

Our adress

Jl. Trans Sulawesi Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur

Our Fax and phone

Telp : (-) Fax : (-)

Tautan