• mail@minselkab.go.id
  • Amurang, Sulawesi Utara

Profil Kabupaten

Kabupaten MINAHASA SELATAN

Minahasa Selatan adalah salah satu Kabupaten di Propinsi Sulawesi Utara. Kabupaten Minahasa Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Minahasa dengan ibu kota Amurang.

Kabupaten Minahasa Selatan terbentuk secara resmi pada tanggal 4 Agustus 2003 dengan ditetapkannya Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon.  Jarak tempuh Manado ke Amurang ± 64 km.

Peta Administratif Kabupaten Minahasa Selatan

Kabupaten Minahasa Selatan mempunyai batas wilayah sebagai berikut :

Utara      : Berbatasan dengan Kabupaten Minahasa
Timur     : Berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Tenggara
Selatan   : Berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
Barat       : Berbatasan dengan Laut Sulawesi 

Wilayah Kabupaten Minahasa Selatan mempunyai luas 1.456,46 km²,  terletak antara 0 Derajat 47’ – 1 Derajat 24’ Lintang Utara dan 124 Derajat 18’ – 124 Derajat 45’ Bujur Timur.

Letak geografis Kabupaten Minahasa Selatan berada pada posisi strategis karena berada pada Jalur Lintas Darat Trans Sulawesi yang menghubungkan jalur jalan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi. Pada pesisir jalur laut bagian utara merupakan daerah yang strategis untuk pengembangan produksi perikanan di Kawasan Timur  Indonesia serta daerah perlintasan (transit) sekaligus stop over arus penumpang, barang dan jasa pada kawasan Indonesia tengah dan kawasan Indonesia timur bahkan untuk kawasan Asia Pasifik. Hal ini disebabkan letak geografis Minahasa Selatan yang berada pada ALKI II (alur laut kepulauan Indonesia) sehingga membuat Minahasa  Selatan menjadi daerah yang strategis dari sisi perhubungan laut.
Posisi Minahasa Selatan juga sangat dekat dengan Ibu Kota Provinsi yaitu Kota Manado sebagai pusat di Sulawesi Utara dan Kota Bitung sebagai pusat industri dan pelabuhan Internasional (IHP, international hub port). Hal ini akan sangat menunjang pada penetapan Minahasa Selatan sebagai kawasan cepat tumbuh.

Wilayah Kabupaten Minahasa Selatan sebagian besar mempunyai topografi berbukit-bukit/ pegunungan yang membentang dari utara ke selatan, berpantai dan dataran rendah bergelombang dengan ketinggian 0 meter (daerah pantai) sampai dengan 1500 meter di atas permukaan laut.